Tips Make Up Shopping Irit
Postingan ini aku akan bahas tips make up shopping irit dan aku persembahkan buat kalian yang suka impulsif dalam belanja make up dan menyesal di akhir bulan karena cuma bisa makan pakai garem.
Jujur aja, belanja itu merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan (kalau punya duit, sih), apalagi kalau lagi suntuk, terus belanja alias retail therapy rasanya seneng banget. Apalagi belanja make up, pilih-pilih warna/shade, yang awalnya cuma berniat untuk lihat-lihat aja kok berakhir dengan beli satu eyeshadow pallete, dua foundation dengan dua shade berbeda (yang satu lebih gelap dan yang satu lebih terang) untuk di mix ceritanya, beli lipstick yang katanya aku belum punya warna ini, dan tiga buah pensil alis untuk stok. Stress hilang, senang lihat barang baru, senang bisa beli barang-barang tersebut dengan uang sendiri, tapi akan ada stress terbaru saat kalian cek rekening yang ludes. Pernah? Aku sih percaya semua perempuan pernah mengalami hal seperti ini.
![]() |
| 7 Tips Make Up Shopping Irit |
Di awal tahun 2017 aku cukup impulsif dalam belanja make up, setiap punya uang lebih pasti sebagian aku setorkan ke counter make up dan membawa pulang make up baru. Padahal sebenarnya aku gak butuh-butuh amat. Kadang aku membohongi diri sendiri dengan bilang jangan pelit sama diri sendiri, siapa lagi yang mau manjain selain diri sendiri? Ya oke lah kalau sebulan sekali, lah ini seminggu sekali ngomong gitu dan selalu berakhir belanja. Sinting.
Kemudian di pertengahan tahun aku merasa bahwa sifat ini harus segera di stop, kalau tidak, kapan aku punya tabungan buat nikah masa depan? Akhirnya aku mencoba untuk rem perlahan-lahan dan alhamdulillah di akhir tahun 2017 ini aku sudah jarang belanja make up dengan menerapkan tips berikut.
Tips Make Up Shopping Irit ala fujichan.net
- Kenali skintone dan jenis kulit kamu. Make up pasti identik dengan warna kulit dan jenis kulit. Sebelum memutuskan untuk belanja make up terbaru dengan shade lucu-lucu, baiknya kamu kenali dulu produknya dari review-review para blogger/vlogger. Apakah akan cocok di warna dan jenis kulit kalian? Kalau ternyata tidak cocok kan sayang. Contoh: L'Oreal mengeluarkan foundation seri Infallible sedangkan jenis kulit kamu itu kering, skip aja. Karena produk itu gak cocok untuk kulit kering.
- Ketahui kebutuhan kamu. Gimana caranya mengetahui kebutuhan make up kamu? Coba aja pikir, kegiatan kalian sehari-hari apa aja sih. Ngantor di weekday dan baru jalan-jalan di weekend, apa sesekali mengharuskan kalian untuk ke acara yang formal? Setelah itu list kira-kira foundation apa sih yang cocok buat ngantor sehari-hari, warna-warna apa aja sih yang wearable buat ngantor dan sekedar jalan di weekend? Dengan ini kamu bakalan fokus untuk mencari barang yang kamu butuhkan saja. Ini yang paling bekerja di aku sekarang.
- Buat batasan budget. Kalau memang kamu betul-betul gak bisa untuk gak belanja make up dalam sebulan, cobalah untuk mengatur budget untuk belanja make up. Caranya ya kalian hitung aja kira-kira penghasilan kalian sebulan berapa sih, harus mengeluarkan uang untuk makan berapa sih, nabung berapa sih dan budget belanja make up. Jangan sampai ganggu tabungan, uang makan dan uang untuk kebutuhan mendesak.
- Carilah produk dupes. Apa sih produk dupe itu? Bukan produk KW atau imitasi atau palsu ya, girls. Tapi, produk dari brand lain dengan kualitas hampir sama namun memiliki harga yang jauh berbeda. Nah, kalau ada yang murah kenapa harus beli yang mahal kan? Sisa budget nya bisa kalian gunakan lagi untuk membeli produk lain.
- Carilah produk multifungsi. Produk multifungsi ini termasuk penyelamat banget! Karena dengan satu produk kalian bisa menggunakannya untuk macam-macam kebutuhan. Misalnya produk Skinfood lip and cheek trio, dalam satu kemasan kalian akan mendapatkan tiga buah warna yang bisa kalian gunakan sebagai blusher dan pewarna bibir. Hemat kan? Atau produk Too cool for school BB Lunch box yang isinya sudah ada bb cream, concealer dan highlighter. Selain hemat karena lebih murah jika dibandingakn membeli terpisah, produk ini juga memudahkan kalian jika kalian pergi traveling, gak perlu bawa banyak-banyak produk.
- Bandingkan harga. Jangan ragu buat melakukan riset harga (ceilah) sebelum membeli produk yang kamu kehendaki. Bisa dengan survei ke setiap toko offline atau online, setelah menemukan yang paling murah, belilah! Tapi, pastikan murah disini bukan karena produk palsu ya.
- Belanja saat diskon/belanja dengan voucher. Jangan malu untuk menanyakan mbak ada promo gak atau mbak kapan ada promo meskipun setelahnya si mbak jadi jutek dan memandang kita jadi kayak orang fakir miskin melarat gembel. Bodo amat sih kalau aku, karena diskonan itu membantu penghematan banget. Untuk belanja online kalian bisa cari-cari voucher, biasanya blogger/vlogger punya kerjasama affiliasi dengan beberapa e-commerce, gunakan aja vouchernya, blogger untung, kamu untung, e-commerce nya juga untung. Subhanallah. Jangan lupa juga pakai voucher aku di sociolla.com untuk dapatin potongan, semoga masuk surga ya kalian hehe.
Semoga tips make up shopping irit ini membantu!
Setiap orang punya pandangan masing-masing soal hemat. Hemat itu bukan pelit atau kasieunan dalam bahasa Belanda, toh hemat itu untuk kita juga. Ingat pepatah hemat pangkal kaya, kalau mau kaya, hematlah hahah. Lagian, memiliki banyak produk dan ternyata tidak terpakai itu gak baik juga, kita punya tanggung jawab untuk setiap barang yang kita miliki, mubazir kalau dalam agama aku dan termasuk dosa juga.
Mengikuti setiap tren pun bikin hidup lebih susah loh, baiknya kita mensyukuri apa yang kita punya. Bijaklah dalam menggunakan uang ya! Sekarang aku lagi susah ngatur uang untuk makan nih, karena aku gak bisa nolak makanan enak. Kalau kalian gimana?
Sekian tips make up shopping irit kali ini
Postingan ini dibuat dalam rangka beauty post collaboration yang diselenggarakan oleh Komunitas Beauty Blogger & Vlogger Indonesia



buat batasan budget itu aku bangett, kalo ngga kukasih batasan pasti tiap bulannya bakalan membludak shopping make upku XD
BalasHapustips ke-4 bisa jadi solusi banget sih ya, tapi sayangnya aku kurang update produk mana yang DUPES -.- kalau tips ke-5 sih aku juga setuju jadi cukup punya 1 produk tapi bisa digunakan untuk macem-macem ^_^
BalasHapuswww.pesonacleopatra.com
Dupes! Aku juga kadang cuman pengen warna pink misalnya, tapi nyari yang harganya terjangkau jadi bisa beli warna lain.
BalasHapuslimlimzi.blogspot.co.id
Setuju banget sm point no 1. Aku biasa juga cek dl lbh jauh soal produk yg mau dibeli.. klo gk cocok dengan jenis kulit sayang banget.. jd sia2 beli..
BalasHapusPoint berikutnya yg kusuka adalah cr dupes! Bnr banget itu.. krn dupes cm beti aja perbedaanya sm produk yg originally kt mau beli ������
Xoxo
www.blossomshine.com
Aku pernah beli dupe suatu produk sampai beberapa biji dan nggak puas juga kalo nggak beli aslinya XD which is akhirnya aku beli juga meski yang travel size LOL! Dupes masih 50:50 sih kalo aku, soalnya ada kepuasan tersendiri kalo berhasil beli yang real deal ^^
BalasHapusAKu masih beli produk-produk yg warnanya gemas walau jrg kupakai ngantor. Itu ngasih kepuasan tersendiri. haha. Kalau berhemat, aku justru jaraaaang banget belanja makeup. bisa beberapa bulan sekali. Yang rutin bulanan cuma micellar water, pensil alis, dan kebutuhan pokok hehe
BalasHapuswiiih thank you yaa tipsnyaa :D
BalasHapusainunamelia.blogspot.com
Nomer 6 Dan 7 bener banget tuh...
BalasHapusKadang toko offline 1 dengan toko offline lainnya suka ngasih perbedaan harga yang lumayan...
Apalagi toko online perbedaannya kadang Ada yg 20% - 50% karena toko online biasanya lebih murah ditambah toko online sering Ada diskon.����
www.arifanuryani com
8. cintailah produk lokal karena dengan harga yang terjangkau kita bisa dapat kualitas super :)
BalasHapuswww.shopforcheapo.com
"ketahui kebutuhan kamu" ga berfungsi dg baik di aku. Alibinya? "kan buat kerja mekapin org" 😂 jd eksekusi deh. Hbs itu? Ya dipake sendiri juga..bukan buat kerja 😅😅😅
BalasHapus